Susilo, Tri Achmad Budi and Agustin, Ifariyanti (2015) PENGARUH SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 9-16. ISSN 2337-8166
|
Text
PENGARUH-SIKAP-SISWA-PADA-MATEMATIKA-TERHADAP-HASIL-BELAJAR-MATEMATIKA-DI-SMP.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kopetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemampuan matematika yang dituntut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang metode-metode matematika, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu permasalahan secara matematis dan menyelesaikan, dan bermuara pada pembentukan sikap jujur, kritis, kreatif, teliti dan taat aturan. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto, pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket dan lembar nilai hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan, ada pengaruh positif dan signifikan antara sikap siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,475 dan tergolong cukup tinggi dengan koefisien determinasi 0,2256, sehingga dapat dikatakan sikap siswa pada matematika berpengaruh 22,56% terhadap hasil belajar matematika, dan 77,44% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap siswa pada matematika, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 04:39 |
Last Modified: | 28 Feb 2019 04:39 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/410 |
Actions (login required)
View Item |