(TELAAHKRITISPEMIKIRANABDULMALIKFADJARTAHUN1990-2010)

frastiwi, siti (TELAAHKRITISPEMIKIRANABDULMALIKFADJARTAHUN1990-2010). PERPUSTAKAAN STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text (Makalah)
view - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Penelitianinimemilikilatarbelakangbahwapendidikansaatinidihadapkan denganmasalah-masalahmentalitasyangterkaitdenganpersoalankarakter. Berkembangnyapenyakitkorupsi,penyalahgunaankekuasaan,perusakan lingkungan,kekerasan,dansejenisnyamenunjukkanlemahnyakaraktersebagai bangsayangseharusnyamemilikijatidiriyangkuat.Hadrinyapendidikankarakter diharapkanmampumembenahimoralitasgenerasimudaagarmenjadilebihbaik lagi. Berdasarkanlatarbelakangdiatas,makapenelitianinibertujuanuntuk: (1)MengetahuikarakteristikpendidikankarakterdaripemikiranAbdulMalikFadjar. (2)MengetahuikelebihandankekuranganpemikranpendidikankarakterAbdulMalik Fadjar.Dalamhalinipenulismenggunakanjeniskepustakaan(libraryresearch) denganmetodepengumpulandatamenggunakanmetodedokumentasi,datayang diperolehdarisumbertersebutdikumpulkandandiseleksikemudiandibahas menggunakanmetodeAnalisisSintesisdanMetodeInterpretasi. Daripenelitianyangtelahdilakukan,penulismenemukanbahwa: (1)KarakteristikpemikiranpendidikankarakterAbdulMalikFadjaradalah mengintegrasikanantarailmudanmoralsehinggatidakadadikotomiantarailmu danmoralitusendiri.Sehinggadarirahimpendidikanmampumenghasilkansumber dayamanusia(SDM)yangtangguhyangberwujudmanusia-manusiayangcerdas secaraintelektual,sosial,danspiritual,sertamemilikkepribadianmuslimatauinsan kamil,yaitukondisifisikdanmentalnyamerupakansatukesatuansecaraterpadu. Sehinggadalampenampilannyadankegiatanyatidakterjadidikotomiantararohani danjasmani,duniadanukhrowi. (2)KelebihanpemikiranpendidikankarakterAbdulMalikFadjaradalahpertama KonseppendidikankarakteryangditawarkanolehMaliksangatrasionaldanmudah 3|Page untukdiimplementasikandalamlembagapendidikan.Kedua,konseppendidikan karakteryangditawarkanolehMalikmampumengintergrasikanantarailmudan moral.Sehinggatidakterjadidikotomiantarailmudanmoraltersebut. (3)KekurangapemikiranpendidikankarakterAbdulMalikFadjaradalahpertama KonseppendidikankarakteryangditawarkanolehMaliktidaktersusunsecara sistematisdanterstruktur.InidisebabkankarenaMalikbelumpernahmembuatbuku yangsecarakhususmembahastentangpendidikankarakter.Kedua,konsep pendidikankarakteryangditawarkanolehMalikbelummampumenyelesaikan berbagaipersoalanmoralitasbangsasaatini.Karenakonseppendidikankarakter yangditawarkanolehMalikbersifatjangkapanjang.Karenabersifatjangkapanjang, makamembutuhkanwaktuyanglamauntukdapatmerealisasikankonsepidealyang ditawarkan malaik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: M. Khusni Mubarok
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:12
Last Modified: 11 Mar 2019 09:12
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item