PROFIL PENALARAN ANALOGI SISWA KELAS IX DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Astaliyah, Rengga Putri and Agustina, Eka Nurmala Sari and Mubarokah, Lailatul PROFIL PENALARAN ANALOGI SISWA KELAS IX DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi siswa kelas IX dalam memecahkan masalah pada materi bangun ruang berdasarkan kemampuan matematika. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi mampu melalui tahapan-tahapan berpikir analogi. Untuk siswa yang berkemampuan matematika sedang mampu melalui tahapan encoding, inferring tetapi pada tahapan mapping dan applying, siswa tidak selalu dapat melaluinya. Sedangkan siswa yang berkemampuan matematika rendah hanya mampu melalui tahapan encoding.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan analogi, memecahkan masalah, kemampuan matematika, bangun ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:24
Last Modified: 20 Mar 2019 06:24
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item