Abdullah, A. Fatikhul Amin PENGARUH PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA MTS NURUL HIKMAH SURABAYA. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)
Text
9. PENGARUH PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA MTS NURUL HIKMAH SURABAYA.doc Download (104kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat kepekaan sosial siswa terhadap realitas sosial, Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving terhadap perubahan kepekaan sosial siswa. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif interpretatif dengan obyek penelitian siswa kelas VIII B MTs Nurul Hikmah Surabaya tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara interpretasi dari proses pembelajaran, hasil laporan, dan tindakan siswa pada proses pembelajaran. Pada tingkat kepekaan sosial siswa sebelum pembelajaran yang menempati kategori rendah mencapai 90,93% setelah pembelajaran turun menjadi 26,65%. Pada kategori sedang sebelum pembelajaran mencapai 7,14% namun setelah pembelajaran naik menjadi 61,26%, adapun hasil penilaian pada kategori tinggi berubah dari 1, 92% menjadi 11,09%. Beradasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan metode problem solving pada siswa kelas VIII B MTs Nurul Hikmah Surabaya tahun pelajaran 2011-2012 yang disertai pengamatan langsung mampu meningkatkan kepekaan sosial siswa dari aspek kemampuan membaca realitas sosial yang ada di sekitarnya, kemampuan memecahkan masalah, dan kepekaan sosial itu sendiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving Methods, Social Sensitivity Students |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | A. Fatikhul Amin Abdullah |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 10:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 14:01 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/445 |
Actions (login required)
View Item |