PENGARUH PROGAM UJIAN SEMESTER BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KEJUJURAN SISWA DALAM MENGIKUTI UJIAN SEMESTER MATEMATIKA

Radityawan, Digit (2017) PENGARUH PROGAM UJIAN SEMESTER BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KEJUJURAN SISWA DALAM MENGIKUTI UJIAN SEMESTER MATEMATIKA. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.rtf

Download (4MB)

Abstract

Progam ujian berbasis komputer sudah dilakukan di Indonesia yaitu UNBK(Ujian Nasional Berbasis Komputer) salah satu mata pelajaran yang diikutkan pada UNBK adalah matematika. Pada mata pelajaran matematika sering terjadi kecurangan saat ujian berbasis paper tes. Saat ini pemanfaatan ujian berbasis komputer dalam ujian semester digunakan untuk meminimalisir kecurangan siswa saat ujian. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh progam ujian semester berbasis komputer terhadap kejujuran siswa dalam mengikuti ujian semester. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket penggunaan media dan angket kejujuran pada siswa kelas X-IPA 3. Metode analisis data dilakukan dengan cara uji normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirnov, korelasi Person Product Moment, homoskesdatisitas, dan uji signifikasi. Dari analisis uji normalitas Kolmogorov-Smirnov diperoleh skor 0,137 untuk data penggunaan media dan diperoleh skor 0,186 untuk data kejujuran siswa. Karena 0,137 dan 0,186 kurang dari 0,202. Dengan demikian dapat disimpulkan data penggunaan media dan kejujuran siswa berdistribusi normal. Dari analisis uji korelasi diperoleh skor 0,172. Yang berarti terjadi hubungan yang sangat lemah antara variabel X dan Y. pada uji Homoskesdastisitas diperoleh skor 0,264. Karena 0,264 > 0,05 maka disimpulkan tidak terjadi heteroskesdastisitas. Selanjutnya, dari hasil uji signifikasi diperoleh skor 1,0474. Karena -2,028 ≤ 1,0476 ≤ 2,028, maka diputuskan tidak ada pengaruh yang signifikan antara progam ujian semester berbasis komputer terhadap kejujuran siswa dalam mengikuti ujian semester.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:19
Last Modified: 23 Jun 2018 04:19
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item