Widiyasari, Dewi and Lestariningsih, Lestariningsih (2017) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)
Text
JURNAL DEWI WIDIYASARI.docx Download (41kB) |
Abstract
Matematika adalah ilmu penting, karena proses berpikir matematika dibutuhkan oleh manusia untuk membantu pemecahan masalah. Salah satu tujuan matematika adalah membekali siswa dengan kemampuan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Memecahkan masalah matematika memerlukan kemampuan kognitif dan kesadaran dalam menggunakan strategi yang tepat. Kesadaran siswa dalam menggunakan pemikirannya untuk merencanakan, mempertimbangkan, mengontrol, dan menilai terhadap proses serta strategi kognitif milik dirinya disebut metakognisi. Aktivitas metakognisi pada setiap pola berpikir siswa berbeda tergantung dengan tingkat kemampuan matematikanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa kelas VIII SMP NU Hasyim Asy’ari dalam memecahkan masalah matematika materi bangun datar.Berdasarkan analisis data subjek pada tiap tingkatan kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah) dalam memecahkan masalah masalah diperoleh, subjek dengan kemampuan matematika tinggi tergolong pada tingkat metakognisi “semireflektif use”, subjek dengan kemampuan matematika sedang tergolong pada tingkat metakognisi “semistrategic use dan aware use”, dan subjek dengan kemampuan matematika rendah tergolong pada tingkat metakognisi “tacit use”.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Memecahkan masalah matematika, Metakognisi, dan tingkat metakognisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 23 Jun 2018 04:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2018 04:21 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/48 |
Actions (login required)
View Item |