Abdullah, A. Fatikhul Amin (2016) APLIKASI TEORI GESTALT DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING). Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455
|
Text
2.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran dalam proses pendidikan diharapkan mampu merubah tingkah laku, sikap, dan keterampilan. Namun, kenyataannya pembelajaran hanya sebagai formalitas dalam upaya memenuhi kewajiban tugas sebagai guru mengajar maupun anak didik untuk belajar. Untuk mewujudkan hasil pembelajaran tersebut perlu melakukan pembelajaran yang bermakna (meaningful learning). Pembelajaran bermakna akan terwujud jika pembelajaran mempelajari gejala sebagai suatu keseluruhan atau totalitas seperti dalam teori Gestalt. Teori Gestalt berpusat pada apa yang dipersepsi merupakan suatu kebulatan, suatu unity. Wujud riil dari penerapan teori Gestalt adalah dengan melakukan pembelajaran terpadu.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Gestalt, pembelajaran bermakna, pembelajaran terpadu. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 23 Jun 2018 04:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2019 03:58 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/72 |
Actions (login required)
View Item |