Anggraini, Fenny Devita (2019) PENALARAN ANOMALI SISWA SMP AL-ISLAM KRIAN PADA MATERI POLA BILANGAN. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)
|
Text
1531010 - Artikel.pdf Download (945kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran anomali siswa SMP Al-Islam Krian pada materi pola bilangan. Untuk mengetahui penalaran anomali, peneliti menggunakan tes penalaran anomali yang terdiri dari empat soal dengan salah satunya memiliki penyelesaian yang berbeda dari 3 lainnya. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan subjek sebanyak 3 siswa yang masing-masing berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Kelas VIII-H SMP Al-Islam Krian tahun ajaran 2018-2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes (tes kemampuan matematika dan tes penalaran anomali) serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang berkemampuan matematika tinggi dapat menggunakan penalaran anomali artinya siswa dapat memenuhi ketiga indikator, siswa yang berkemampuan matematika sedang kurang menggunakan penalaran anomali artinya siswa hanya memenuhi kedua indikator, siswa yang berkemampuan matematika rendah tidak dapat menggunakan penalaran anomali artinya siswa tidak memenuhi ketiga indikator
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran anomali |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 07:34 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 07:34 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/781 |
Actions (login required)
View Item |