ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL

Afifah, Siti Isnanur (2019) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531028 - Artikel.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal cerita. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket, tes dan wawancara. Angket digunakan untuk menentukan subjek penelitian. Tes digunakan untuk melihat berpikir siswa dalam memecahkan soal cerita. Wawancara digunakan untuk menambah keakuraratan dalam memecahkan soal cerita. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Sebagian siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dapat memenuhi indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut dan mengatur strategi dan taktik. Sedangkan sebagian siswa yang lain dengan gaya belajar visual dan kinestetik ada yang tidak memenuhi indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan lanjut. Sedangkan sebagian siswa yang lain dengan gaya belajar auditorial ada yang tidak memenuhi indikator berpikir kritis yaitu menyimpulkan dan memberikan penjelasan lanjut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: berpikir kritis, gaya belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:38
Last Modified: 16 Jul 2020 07:38
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item