Fauziyah, Vivin (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)
|
Text
1531032 - Artikel.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung memecahkan masalah dalam kehidupan nyata untuk mencapai hasil belajar yang baik. Siswa diminta untuk lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator kepada siswa. Sebagian siswa kesulitan dalam memahami statistika, maka diperlukan model pembelajaran. Dengan menggunakan soal masalah yang berarti memecahkan masalah yang cara penyelesaiannya tidak bisa langsung diketahui dengan menggunakan rumus tetapi perlu mengidenfikasi dengan cepat maksud dari soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika yaitu ukuran pemusatan data (nilai rata-rata, median dan modus). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Walisongo Gempol dengan jumlah 28 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah model berbasis masalah sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa post test setelah diberi perlakuan berupa model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian One Shoot Case Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung (257,936) > Ftabel (4,21) sehingga H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika secara signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 07:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 07:40 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/792 |
Actions (login required)
View Item |