Pengembangan Alat Peraga Pantura pada Materi Transformasi Kelas XI di MA Darunnajah Tulangan

Maulidiyah, Alvin (2019) Pengembangan Alat Peraga Pantura pada Materi Transformasi Kelas XI di MA Darunnajah Tulangan. REPOSITORY STKIP PGRI SIDOARJO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1531040 - Artikel.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan alat peraga “Pantura” pada materi transformasi Geometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974: 5) yang telah dimodifikasi yaitu model 4D (four D models) yang terdiri dari 4 tahap : 1. Tahap pendefinisian (Define) , 2. Tahap perancangan (Design), 3. Tahap Pengembangan (Develop), 4. Tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilakukan dengan (1) memvalidasikan alat peraga “Pantura” kepada validator untuk dapat diketahui kevalidannya, (2) mengujicobakan kepada siswa dengan lembar observasi yang diisi oleh pengamat tujuan untuk mengetahui kepraktisan alat peraga, (3) memberikan angket dan tes hasil belajar siswa untuk dapat diketahui keefektifan alat peraga “Pantura”

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Alat Peraga “Pantura”, Transformasi Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 16 Jul 2020 08:19
Last Modified: 16 Jul 2020 08:19
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item