Andjariani, Endang Wahju and Astutik, Kurnia Fuji (2020) Hasil Cek Plagiasi Artikel Ilmiah dengan Judul Pengaruh Gerakan Literasi Sebagai Budaya Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas III SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Lembaga Peneltian dan Pendidikan (LPP) Mandala, Mataram.
|
Text
JISIP.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Karakter adalah tabiat yang ditumbuhkan kepada seseorang melalui proses pembiasaan atau habituasi. Pembiasaan yang dilakukan terus menerus maka akan menjadi budaya jika karakter sudah membudaya maka tujuan nasional pendidikan akan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan implementasi budaya literasi yang dapat menanamkan nilainilai Pancasila di SDIT Insan Kamil dan 2) menganalisis pengaruh budaya literasi terhadap karakter peserta didik. Metode penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDIT Insan Kamil. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) implementasi budaya literasi di SDIT Insan Kamil sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015, 2) ada pengaruh yang signifikan budaya literasi terhadap karakter peserta didik. Masih banyak variabel variabel selain budaya literasi yang dapat dieksplorasi untuk lebih menguatkan pendidikan karakter.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Gerakan Literasi, Budaya Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 11:59 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 11:59 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/819 |
Actions (login required)
View Item |