PENGEMBANGAN KOMIK KERAJAAN MAJAPAHIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK NEGERI 1 BEJI

Priyanto, Irwan (2019) PENGEMBANGAN KOMIK KERAJAAN MAJAPAHIT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMK NEGERI 1 BEJI. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1544009 - ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1544009 - BAB I.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
1544009 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
1544009 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
1544009 - BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1544009 - BAB V.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1544009 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media komik dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Beji dan 2) Menghasilkan produk komik yang layak untuk dijadikan media pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Beji. Berdasarkan tujuan penelitian maka jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/RnD) yang bertujuan untuk membuat komik menjadi produk media pembelajaran sejarah yang layak digunakan. Ada lima tahap penelitian pengembangan yang harus dilakukan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik mencari rata-rata (mean) karena data utama yang dianalisis berupa data kuantitatif yang berasal dari skor kuisioner yang diberikan. Data kuantitatif penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data validasi dan data uji coba. Data validasi diisi oleh ahli materi, ahli media, dan guru sejarah. Data uji coba diisi oleh para siswa yang menjadi subjek uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Hal itu ditunjukkan oleh: 1) Hasil validasi ahli materi yang menyatakan komik berpredikat “baik”, 2) Hasil validasi ahli media yang menyatakan komik berpredikat “baik”, 3) Hasil validasi guru sejarah yang menyatakan komik berpredikat “baik”, dan 4) Hasil uji coba kepada siswa yang menyatakan komik berpredikat “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komik, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:25
Last Modified: 03 Sep 2020 06:25
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item