PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dewi, Anggralita Sandra (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Edukasi, 1 (1). pp. 36-44. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
8.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Kalirungkut IV Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal-soal hasil belajar. Uji normalitas data menggunakan Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan rumus Independent Sample t test dengan hasil kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan oleh nilai sig. sebesar 0,000 < α 0,05 dan thitung (7,372) < ttabel (1,684) dengan nilai mean sebesar 59.8500 dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung yaitu 48,9000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Hasil belajar, Subtema hebatnya cita-citaku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 05:04
Last Modified: 23 Jun 2018 05:04
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item