PENALARAN KUANTITATIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

Aprilaksono, Guntur and Mubarokah, Lailatul and Sukriyah, Dewi (2020) PENALARAN KUANTITATIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS. JEDMA (Jurnal Edukasi Matematika), 1 (1). pp. 9-21. ISSN 2746 –637X

[img]
Preview
Text
1684202010 - Artikel.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 3 Tulangan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dari kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 3 Tulangan yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan soal tes dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi waktu dengan membandingkan data waktu pertama dengan waktu kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara ketiga siswa yang memiliki kemampuan matematika berbeda, hanya siswa berkemampuan matematika tinggi yang mampu menggunakan berbagai teknik yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah (misalnya, menggambar gambar, menggunakan rumus, menyelesaikan persamaan).dan hanya siswa berkemampuan matematika sedang yang mampu menentukan batasan masalah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: HOTS, Penalaran Kuantitatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:37
Last Modified: 14 Dec 2020 07:44
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item