Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Berkemampuan Matematika Sedang Berdasarkan Teori APOS

Maharani, Rika Ayu and Widadah, Soffil and Sukriyah, Dewi (2020) Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Berkemampuan Matematika Sedang Berdasarkan Teori APOS. In: International Joint Conference on STEM Education 2020, 18 - 19 November 2020, Yogyakarta. (Submitted)

[img]
Preview
Text
1684202026 - Artikel.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep siswa yang kurang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematikai. Untuk dapat memahami suatu materi dan dapat menyelesaiakan masalah matematika maka siswa harus mampu menguasai konsep-konsep yang ada dalam matematika serta mampu untuk menerapkan konsep-konsepnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa SMA berdasarkan teori APOS dengan kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3 yang mempunyai kemampuan matematika sedang.Pengambilan kedua subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes: (1) tes kemampuan matematika (2) tes pemahaman konsep matematika dan metode wawancara. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika berdasarkan teori APOS pada siswa berkemampuan matematika sedang hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematika yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep dan hanya melalui satu tahapan teori APOS yaitu, tahap Aksi. Pada siswa dengan kemampuan matematika sedang tidak memenuhi indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika (tabel, grafik, atau diagram), dan menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Selain itu, juga tidak melalui tahapan Proses, Objek, dan Skema.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika, Teori APOS, Kemampuan Matematika Sedang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:36
Last Modified: 23 Sep 2020 05:36
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item