Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD

Fitroh, Arlina (2020) Pengembangan Media Fun Thinkers Book (FTB) pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV SD. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1686206005 - Abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206005 - BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206005 - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206005 - BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1686206005 - Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
1686206005 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
1686206005 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Fun Thinkers Book (FTB) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keragaman Suku Bangsa Dan Agama di Negeriku kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini didasari bahwa hasil belajar siswa masih di bawah KKM hal itu disebabkan karena proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan hanya buku tema yang ditampilkan di proyektor tanpa adanya media pembelajaran yang bervariasi sehingga beberapa siswa cepat merasa bosan dan tidak memperhatikan ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Pengembangan produk ini menggunakan model pengembangan menurut Borg and Gall dengan langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, dan revisi produk. Data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi ahli, tes, observasi dan angket. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan dalam penelitian ini memiliki kualitas baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini didasarkan oleh beberapa aspek yaitu: (1) Hasil pengembangan media FTB pada subtema Keragaman Suku Bangsa Dan Agama di Negeriku efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Hal ini tunjukkan oleh beberapa aspek yaitu: hasil validasi produk oleh validator menunjukkan bahwa media FTB layak untuk digunakan, aktifitas siswa salama kegiatan belajar menunjukkan bahwa siswa aktif dalam pembelajaran, dan respon siswa dalam pembelajaran positif. (2) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media FTB mengalami peningkatan sebesar 20,11% dengan ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 01 Feb 2021 08:25
Last Modified: 01 Feb 2021 08:25
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item