Dhewy, Risdiana Chandra and Ayuningtyas, Nurina (2019) HASIL PEER REVIEW UNTUK PENULIS PERTAMA ARTIKEL ILMIAH DENGAN JUDUL IMPLEMENTASI PROBLEM POSING PISA LIKES UNTUK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, UMM.
|
Text
Review_UMM.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Problem posing merupakan salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang memberikan bekal kepada mahasiswa untuk berpikir logis, kritis, cermat kreatif, disiplin juga sebagai sarana komunikasi matematika. Pendekatan Problem Posing (PPS) pada penelitian ini menuntut mahasiswa calon guru matematika semester enam belajar untuk mengajukan soal matematika model PISA (PISA LIKES) guna mempersiapkan pembelajaran matematika dengan kurikulum yang diintegrasikan dengan literasi matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah serta untuk mengetahui respons mahasiswa terhadap pembelajaran PPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian 31 mahasiswa jurusan pendidikan matematika STKIP PGRI Sidoarjo semester 6. Dalam mengajukan soal matematika model PISA mahasiswa calon guru cenderung mengadopsi soal matematika PISA tahun 2006-2012. Mereka sudah tepat dalam mengajukan soal matematika model PISA jika ditinjau pada konten. Namun kurang realistis (kontekstual) dalam mengajukan soal. Sedangkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah PPS dengan p-value sebesar 0,011 serta respons mahasiswa menunjukkan respons positif karena semua item pertanyaan berada pada kategori baik.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Soal Matematika PISA Likes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Risdiana Chandra Dhewy |
Date Deposited: | 13 Mar 2021 03:19 |
Last Modified: | 13 Mar 2021 03:19 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1068 |
Actions (login required)
View Item |