PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “PAPAN DADU TRANSFORMASI” PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA TPI PORONG

Hafiizh, Ahmad (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA “PAPAN DADU TRANSFORMASI” PADA MATERI TRANSFORMASI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA TPI PORONG. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1684202036 - Abstrak.pdf

Download (316kB)
[img] Text
1684202036 - BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
1684202036 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1684202036 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
1684202036 - BAB V.pdf

Download (250kB)
[img] Text
1684202036 - BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1684202036 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)

Abstract

Sarana dalam bidang pendidikan harus bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memfasilitasi peserta didik guna memperbaiki kualitas pendidikan, salah satunya yaitu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran matematika papan dadu transformasi dan memperoleh media pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada materi transformasi untuk peserta didik kelas XI SMA. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Development and Research) dengan pendekatan mixed research yang dikembangkan berdasarkan model 4-D Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021. Pada tahap pendefinisian, peneliti mewawancarai salah satu guru matematika di SMK PGRI – 2 Sidoarjo dan salah satu guru di SMA TPI Porong, 14 peserta didik di SMK PGRI – 2 Sidoarjo, dan 8 peserta didik di SMA TPI Porong. Pada tahap perancangan, produk yang dihasilkan adalah “Papan Dadu Transformasi”, yaitu media pembelajaran berbasis permainan papan dengan menggunakan dadu. Pada tahap pengembangan akan dihasilkan kualitas media pembelajaran “Papan Dadu Transformasi” meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan media pembelajaran “Papan Dadu Transformasi” memenuhi kriteria valid secara media dengan nilai 2,984 dan memenuhi kriteria sangat valid secara materi dengan nilai 3,358. Kepraktisan media pembelajaran “Papan Dadu Transformasi” memenuhi kriteria praktis secara teori yang dinilai oleh empat validator melalui penilaian secara umum dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai 88,89% yang dinilai oleh satu observer saat ujicoba berlangsung. Keefektifan media pembelajaran “Papan Dadu Transformasi” memenuhi kriteria positif dengan nilai 83,348% yang dinilai oleh peneliti berdasarkan analisis angket peserta didik dan 100% peserta didik mendapatkan nilai tuntas ketika mendapat nilai tes hasil belajar, sehingga media pembelajaran “Papan Dadu Transformasi” memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Papan Dadu Transformasi, 4D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:49
Last Modified: 30 Nov 2021 03:49
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item