Pratama, Kreshna B. (2022) PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SUBTEMA AKU DAN CITA - CITAKU. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
Text
1686206057 - Abstrak.pdf Download (168kB) |
|
Text
1686206057 - BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
1686206057 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
1686206057 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
Text
1686206057 - BAB IV.pdf Download (418kB) |
|
Text
1686206057 - BAB V.pdf Download (30kB) |
|
Text
1686206057 - Daftar Pustaka.pdf Download (86kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dilaksanakan dengan tujuan agar siswa mampu melatih keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan di sekolah dasar masih berupa metode pembelajaran konvensional. Keadaan seperti itu terjadi pada pembelajaran di SDN Siwalanpanji Sidoarjo, yang berakibat pada rendahnya kemampuan menulis siswa khususnya menulis puisi. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan metode karyawisata dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi pada siswa kelas IV SDN Siwalanpanji Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode karyawisata berpengaruh terhadap kemampuan dan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis puisii pada siswa kelas IV SDN Siwalanpanji Sidoarjo. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen menggunakan nonequivalent control group design dengan jumlah populasi 20 siswa. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel yakni 10 siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan 10 siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis data yakni validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis. Perhitungan analisis data menggunakan program SPSS versi 23. Hasil yang diperoleh dari uji Paired Samples T-test yaitu dengan nilai thitung sebesar 16.054 sehingga t-hitung (16.054) ttabel (1,949) maka H1 ditolak dan H0 diterima. Selain itu didukung dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima yaitu adanya perbedaan antara kedua varians data pre-test dengan post-test tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran karya wisata berpengaruh terhadap Kemampuan menulis puisi siswa pada pembelajaran tematik subtema Aku dan cita-citakaku.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode karya wisata, kemampuan menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 04:35 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 04:35 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1629 |
Actions (login required)
View Item |