PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KARAKTER KREATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB SISWA DALAM TEMA 4 SUBTEMA 1 PEREDARAN DARAHKU SEHAT KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Baihaqi, Muhammad Rizal (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KARAKTER KREATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB SISWA DALAM TEMA 4 SUBTEMA 1 PEREDARAN DARAHKU SEHAT KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img] Text
1686206061_Abstrak.pdf

Download (436kB)
[img] Text
1686206061_BAB 1 DAN BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
1686206061_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
1686206061_BAB 4 DAN BAB 5.pdf

Download (904kB)

Abstract

Salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembeljaran Problem Based Intruction. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahuiperencanaan model Problem based instruction tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat di kelas 5 SD Negeri BluruKidul 2 Sidoarjo. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan model problem based instruction terhadap karakter kreatif siswa pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat di kelas 5 sekolah dasar. 3) Mengetahui pengaruh model problem based intruction terhadap karakter bertanggung jawab siswa pada tema 4 subtema 1 peredaran darahku sehat di kelas 5 sekolah dasar. Jenis penelitian ini kuatitatif dengan desain nonequivalent group design. Penelitian ini dilaksanakan siswakelas VB tahunajaran 2020-2021 di SD Negeri BluruKidul 02 Sidoarjo. Untuk penentuan sampel yaitu dengan teknik Sampling Jenuh. Instrumen penelitian ini yaitu dengan observasi dantes. Sedangkanan analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan ujivaliditas tes, uji prasyarat analisis data dan uji Hipotesis. Untuk ujivaliditas tes meliputi hasil validasi ahli, ujivaliditas tes, reliabilitastes, dan tingkat kesukaran soal sedangkan ujiprasyarat analisis data mengunakan uji Normalitas dan Homogenitas. Hasil analisis data menggunakan uji polled varians. Untukujivaliditasdanreliabilitastesdianalisismenggunakankorelasi person pada SPSS 18,0 for windows, sebanyak 20 item dengan 25 responden setelah diajukan dinyatakan valid, dengan Ttabel= 0,396, dan semua item dikatakan reliable dengan cronbach’salpha = 0,743 ≥ 0,70 maka dapat dikatakan reliabel. Pada uji normalitas berdistribusi normal karena memiliki Asymp.Sign≥0,05, hasil belajar kelas eksperimen memiliki sign 0,146 dan kelas control memiliki sign 0,846.Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Pengaruh Model Problem Based Intruction Terhadap Karakter Kreatif Dan Bertanggung Jawab SiswaDalamTema 4 Subtema 1 Peredaran Darahku SehatKelas 5 SekolahDasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Intruction, Kreativitas Siswa, Tanggung Jawab Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:21
Last Modified: 03 Jul 2023 04:21
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item