PENGARUH METODE EKSPERIMEN MELALUI PERCOBAAN SIKLUS HIDROLOGI PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR

Anna, Chilyatul Auliya’ Wahyu Iffa (2021) PENGARUH METODE EKSPERIMEN MELALUI PERCOBAAN SIKLUS HIDROLOGI PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR. Other thesis, STKIP PGRI SIDOARJO.

[img] Text
1786206007-Abstrak.pdf

Download (43kB)
[img] Text
1786206007-Bab I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
1786206007-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
1786206007-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
1786206007-Bab IV.pdf

Download (511kB)
[img] Text
1786206007-BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
1786206007-Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini agar siswa aktif dalam pembelajaran melalui metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung. Pada penelitian ini proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga beberapa siswa merasa cepat bosan dan tidak memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon siswa melalui metode eksperimen dengan melakukan percobaan siklus hidrologi pendek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dan design yang digunakan adalah quasi eksperimen design, bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent control group design. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah subjek 30 siswa, dikarenakan keterbatasan peneliti dalam melakukan penelitian di era pandemi COVID-19 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas V B sebanyak 12 siswa dan kelas V A sebagai kelas kontrol sebanyak 12 siswa. Data keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang berbentuk soal uraian sedangkan respon siswa melalui angket. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan keterampilan berpikir, pada kelas eksperimen mendapat nilai 75 dan 53,3 untuk kelas kontrol. Sedangkan pada hasil belajar menunjukkan perbedaan nilai sebesar 72,7 untuk kelas eksperimen dan 52 untuk kelas kontrol. Untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar terhadap metode eksperimen dapat disimpulkan jika terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Siklus Hidrologi Pendek, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Intan Lailatur Rahmani
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:02
Last Modified: 03 Jul 2023 04:16
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item