Rosyadi, Rindi Aprilita (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS III SD. JIME (Jurnal Ilmiah Mandala Education), 8 (1). ISSN p-ISSN : 2442-9511 e- ISSN : 2656-5862
Text
1786206030_Artikel.pdf Download (293kB) |
Abstract
kesulitan metode yang di terapkan oleh guru kurang maksimal, sehingga masih kurang mengali kemampuan peserta didik untuk menemukan ide-ide baru serta berdiskusi sesama peserta didik. untuk mengatasi pembelajaran supaya tidak monoton dan bervariasi, maka guru dapat menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan materi yang di ajarkan, salah satunya guru bisa menggunakan metode bermain peran. Dengan pembelajaran menggunakan metode bermain peran terhadap keterampilan sosial dapat membuat peserta didik ikut terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan sosial pada peserta didik kelas III SDN Ponokawan Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini tergolong eksperimen semu (quasi eksperimen). menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IIIA serta kelas IIIB SDN Ponokawan Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian adalah 7 peserta didik kelas eksperimen, 6 peserta didik kelas kontrol. Data penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil keterampilan sosial. Peneliti memakai bantuan program SPSS 24 yaitu menggunakan teknik analisis Independent Sample T-Test Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode bermain peran, dan meningkatkan keterampilan sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Intan Lailatur Rahmani |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 07:43 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 07:43 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1693 |
Actions (login required)
View Item |