Hardianti, Fitri and Andjariani, Endang Wahju and Dewi, Galuh Kartika (2023) PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 (2). ISSN 2548-6950
Text
1886206025-Artikel.pdf Download (513kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan, aktivitas dan respon siswa. Kemampuan membaca kosa kata dan pengenalan huruf siswa tunagrahita masih kurang dikarenakan siswa hanya belajar memahami materi secara teori tanpa menggunakan media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan design One-Grup Pre-Test and Post Tes Design. Penelitian dilaksanakan di kelas 1 SDN Lemah putro 01 Sidoarjo, terdapat 5 siswa tunagrahita ringan. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf sig 0,05, hasil aktivitas dan angket respon siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai sig 0,003. Karena nilai sig 0,003 < 0,05 maka H1 ditolak, disimpulkan bahwa ada pengaruh media kartu gambar terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita ringan di sekolah dasar. Hasil aktivitas siswa diperoleh 85%, dikategorikan baik dalam penggunaan media kartu gambar. Hasil dari angket respon siswa diperoleh nilai rata-rata 75%, sehingga terdapat respon baik dari siswa selama pembelajaran menggunakan media kartu gambar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Gambar, Kemampuan Membaca, Tunagrahita Ringan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 07:17 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1778 |
Actions (login required)
View Item |