Pengaruh Efikasi Diri Dalam Menghadapi Penilaian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Andriyaningrum, Mapalita Suprih and Agustina, Eka Nurmala Sari and Mubarokah, Lailatul Pengaruh Efikasi Diri Dalam Menghadapi Penilaian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Repository STKIP PGRI Sidoarjo. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (1131080-Artikel)
1131080 - Artikel.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dalam menghadapi penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP PGRI 9 Sidoarjo. Melalui penelitian ini diharapkan upaya–upaya untuk meningkatkan efikasi diri dalam menghadapi penilaian matematika pada siswa SMP PGRI 9 Sidoarjo dapat terus diusahakan dan dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif, dengan populasi penelitian siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Sidoarjo. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, maka dipilihlah 2 kelas dengan jumlah siswa 76 orang. Alat pengumpul data berupa angket skala efikasi diri. Uji analisis statistik datanya menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji regresi linear sederhana, uji linieritas dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) efikasi diri siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Sidoarjo mayoritas berada pada kategori tinggi, 2) hasil penilaian matematika sebagian besar siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Sidoarjo mencapai KKM atau tuntas, 3) efikasi diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap penilaian hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 9 Sidoarjo. Hasil uji korelasi didapatkan sebesar 0,6280, dan hasil uji signifikansi bernilai positif 6,938. Artinya efikasi diri mempunyai pengaruh positif terhadap penilaian hasil belajar matematika, sehingga semakin tinggi efikasi diri yang diperoleh maka semakin tinggi pula penilaian hasil belajar matematika siswa. Dengan taraf signifikansi 0,000 (p <0,05) didapatkan persamaan garis regresi Y = 60,047 + 0,578 X. Besarnya sumbangan efektif pengaruh variabel efikasi diri terhadap penilaian hasil belajar matematika sebesar 39,4%, dengan demikian terdapat 60,6% faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi penilaian hasil belajar matematika yang belum diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, penilaian hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Mapalita Suprih Andriyaningrum
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:30
Last Modified: 05 Apr 2019 09:30
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item