PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BUDURAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA

Amri, Nafi’ Ulil (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BUDURAN DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)

[img] Text
NAFI ARTIKEL.rtf

Download (220kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu metode pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran yang mendorong siswa untuk melakukan pemecahan masalah dan menemukan konsepnya sendiri dari permasalahan nyata yang diberikan, utamanya terkait dengan materi barisan aritmatika. Sehingga, dari hal ini diharapkan siswa dapat memahami konsep barisan aritmatika dengan konsepnya sendiri melalui pemecahan masalah/soal yang diberikan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi barisan aritmatika. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo menggunakan Pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran metode ceramah pada materi barisan aritmatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Buduran pada tahun ajaran semester gasal 2017/2018 di kelas X MP 1 (kelas eksperimen) dan X TI 1 (kelas kontrol) sebagai sampel penelitian. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara acak. Analisis data pada penelitian dilakukan menggunakan bantuan program SPSS dengan rincian: menentukan rata – rata kelas, melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t – test dari kelas eksperimen dan kontrol. Dan, uji validitas butir soal serta uji reliabilitas soal, dilakukan dari hasil try out instrumen di kelas try out. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari adanya penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas eksperimen dan penerapan pembelajaran cerama di kelas kontrol pada materi barisan aritmatika. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji Independent Sample T-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.035 dimana nilai tersebut kurang dari α = 0.05. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dari kedua kelas pada materi barisan aritmatika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perbedaan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Ceramah, Hasil Belajar, Barisan Aritmatika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 04:15
Last Modified: 23 Jun 2018 04:15
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item