PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK YANG MELIBATKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA MATERI VOLUME BANGUN DAN LUAS PERMUKAAN UNTUK SEKOLAH DASAR

Susilo, Tri Achmad Budi and Reza, M. Dicky and Fachrudin, Achmad Dhany and Widadah, Soffil and Kohar, Achmad Wachidul (2018) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK YANG MELIBATKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA MATERI VOLUME BANGUN DAN LUAS PERMUKAAN UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Edukasi, 4 (2). pp. 99-122. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK YANG MELIBATKAN KECERDASAN MAJEMUK PADA MATERI VOLUME BANGUN DAN LUAS PERMUKAAN UNTUK SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran matematika realistik yang melibatkan kecerdasan majemuk pada materi volume dan luas permukaan kubus dan balok di kelas V SD. Design research dipiih sebagai jenis penelitian yang terdiri dari preliminary design, pilot experiment dan teaching experiment. Dengan mengintegrasikan tujuh kecerdasan majemuk seperti kecerdasan verbal, kecerdasan visual/spasial, kecerdasan logis/matematis, kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan musikal pada materi ini, diperoleh desain pembelajaran dengan local instructional theory yang mencakup aktivitas: Pilot experiment dilaksanakan di MI Faqih Hasyim dengan melibatkan 6 siswa kelas V. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, dengan rinciam kegiatan sebagai berikut: 1) pretest, 2) menemukan susunan jaring-jaring kubus dan balok melalui aktivitas enggulung model kubus atau balok, 3) menemukan konsep volume melalui aktivitas ‘kotak mana yang lebih besar?’, 4) menentukan isi kubus berdasarkan gambar tampak depan, belakang, dan samping, 5) membungkus tanah liat untuk menentukan luas permukaan balok, 6) menentukan luas permukaan balok dan kubus berdasarkan jaring-jaringnya, 7) menemukan strategi menentukan volume balok kubus melalui masalah ‘nasi kotak’, dan 8) menyusun model susunn kubus dan balok dari ‘model kubus satuan’ dengan berbgai ukuran, namun dengan volume yangtetap. Tahapan selanjutnya dari penelitian ini adalah melaksanakan teaching experiment pada satu kelas (35 siswa) berdasarkan hasil analisis restropektif pada tahap pilot experiment yang telah dilakukan sebelumnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan majemuk, pembelajaran matematika realistik, lintasan belajar , volume bangun ruang, luas permukaan bangun ruang, desain riset, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2019 04:21
Last Modified: 28 Feb 2019 04:21
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item