Susanti, Diana Widia (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI RUMUS TRIGONOMETRI JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT. Jurnal Edukasi. ISSN 2443-0455 (Unpublished)
|
Text
Artikel Diana Widia Susanti.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Dari pengujian asumsi normalitas menunjukkan bahwa data kedua model pembelajaran memiliki data yang berdistribusi normal dengan nilai signifikansi (0,194) > 0,05 pada kelompok Group Investigation dan (0,064) pada kelompok Discovery Learning. hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi (0,242) > 0,05 sehingga homogenitas terpenuhi Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil rata-rata nilai siswa kelas XI antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada materi pelajaran rumus trigonometri jumlah dan selisah dua sudut dimana model pembelajaran Group Investigation lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning. Hal tersebut terbukti dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi yaitu 89,62 dibandingkan dengan kelas model pembelajaran Discovery Learning sebesar 86,29. Dengan nilai thitung dari analisis SPSS sebesar 2,028 dan ttabel 1,99495 maka kriteria pengujian yang diambil berdasarkan perbandingan antara thitung dan ttabel adalah thitung > ttabel (2,028 > 1,99495) dan berdasarkan nilai probabilitas signifikanya adalah (0,046) ≤ 0,05 maka H0 ditolak sehingga H1 diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovey Learning, Group Investigation, Rumus Trigonometri Jumlah dan Selisih Dua Sudut. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 23 Jun 2018 04:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2018 04:21 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/46 |
Actions (login required)
View Item |