Ramadhan, Satria Wahyu (2020) Analisis Kemampuan Membaca Puisi pada Anak Retardasi Mental Ringan. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1686206069 - Abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
1686206069 - BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
1686206069 - BAB IV.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
1686206069 - BAB V.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text
1686206069 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
Text
1686206069 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
|
Text
1686206069 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan membaca dinilai sangat penting dimiliki oleh seorang anak, karena merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Anak yang mengalami kesulitan belajar terutama dalam hal membaca pada retardasi mental ringan, harus membutuhkan penanganan dan perlakuan yang khusus, tidak bisa disamakan dengan anak reguler lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk fona dan kata pada membaca puisi anak retardasi mental ringan. Metode penelitian yang dilakukan yakni desain kualitatif deskriptif jenis studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang anak kelas 5 SD di SDI Yaspai. Instrumen penelitian pada penelitian studi kasus ini adalah (1) lembar observasi, (2) lembar wawancara, dan (3) lembar dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data antara lain: (1) trianggulasi sumber, (2) trianggulasi teknik, dan (3) trianggulasi waktu. Tahapan analisis data pada penelitian ini yaitu (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian dari analisis ditemukan bahwa anak retardasi mental ringan (VAM) mampu memenuhi beberapa kriteria dalam fona. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi fona yang menunjukkan bahwa anak dapat membaca dengan vokal rendah sampai sedang, pada dua suku kata anak dapat membaca diftong (ai) dan (au) dengan benar, anak retardasi mental ringan dapat membedakan bunyi huruf P dengan q, dan V dengan W. Selain itu anak (VAM) dapat memenuhi beberapa kriteria dalam kata. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kata yang menunjukkan bahwa anak dapat membaca vokal (au), (ai), dan huruf (ng) dengan benar pada dua suku kata.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Retardasi Mental Ringan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 07:16 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 07:16 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/890 |
Actions (login required)
View Item |