ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL

Widadah, Soffil and Aunillah, Aunillah (2017) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDOARJO BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL. Jurnal Edukasi, 3 (2). pp. 227-242. ISSN 2443-0455

[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo berdasarkan motivasi belajar dan kemandirian dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan metode Ex Post Facto. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 berdasarkan motivasi belajar, yaitu 0,00. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 berdasarkan kemandirian dalam menyelesaikan soal sistem persamaan kuadrat dua variabel, yaitu 0,312. Perbandingan antara Coorected Model dengan Corrected sama dengan nilai R squared = 0,784 yang menyatakan 78,4% rata-rata hasil belajar dapat dijelaskan oleh model sedangkan 21,6% dijelaskan oleh faktor lain di luar faktor atau variabel di luar variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Kemandirian dalam Menyelesaikan Soal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Guntur Aprilaksono
Date Deposited: 23 Jun 2018 05:03
Last Modified: 23 Jun 2018 05:03
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item