Kamaliyah, Siti Taqwimul and Rahmawati, Ery and Dewi, Galuh Kartika (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS IV SDN KEPUNTEN. KONSTRUKTIVISME : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14 (2). ISSN 2442-2355
|
Text
1786206038-Artikel.pdf Download (258kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realisticsmathematics educationterhadap kemampuan memecahkan soal cerita pada siswa kelas IV SDN Kepunten. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design tipe Posstest-onlycontrol Design. Sampel yang digunakan sebanyak 22 siswa kelas IV SDN Kepunten. Hasil dari penelitian ini diperoleh thitung(-13,847) ≥ ttabel (-0,525) yang berarti ada kontribusi penerapan model pembelajaran realistics mathematics educationterhadap kemampuan memecahkan soal cerita pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Sedangkan aktifitas siswa tergolong aktif dengan perolehan prosentase sebesar 70%. Penggunaan model pembelajaran realistics mathematics educationterhadap kemampuan memecahkan soal cerita pada siswa IV SDN Kepunten sangat berpengaruh baik, serta aktivitas siswa dalam menggunakan model pembelajaran tersebut mengalami peningkatan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Realistics Mathematics Education, Memecahkan soal cerita, Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 04:02 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 04:02 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1786 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

