KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA

Chumairoh, Rahayu Firli KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
1984202019-Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMA. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa Indonesia, seperti terlihat dari hasil PISA dan TIMSS. Penelitian menggunakan desain pre-experimental dengan satu kelas tanpa kontrol, melibatkan siswa kelas X-2 SMA Dharma Wanita 1 Gedangan. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur penalaran matematis dan observasi untuk menilai pengelolaan pembelajaran oleh guru serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model GI efektif dalam melatih siswa berpikir logis dan sistematis pada materi barisan dan deret aritmetika. Selain itu, guru mampu mengelola pembelajaran dengan sangat baik, dan siswa terlibat aktif selama kegiatan pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Barisan dan Deret Aritmetika, Group Investigation, Penalaran Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:34
Last Modified: 14 Jan 2025 06:34
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item