Profil Soal Numerasi yang Dikembangkan oleh Calon Guru Matematika

Hardiyanti, Yulia Tria and Fachrudin, Achmad Dhany and Widadah, Soffil (2024) Profil Soal Numerasi yang Dikembangkan oleh Calon Guru Matematika. MATHEdunesa, 13 (3). ISSN 2685-7855

[img] Text
1884202029-Artikel.pdf

Download (620kB)

Abstract

Calon guru merupakan garda terdepan dalam membentuk peserta didik yang berkualitas. Sebagai calon guru, sudah seharusnya mampu menguasai materi yang diberikan kepada peserta didik, termasuk penguasaan calon guru terhadap soal numerasi. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi calon guru dalam mengaplikasikan soal dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan soal numerasi yang dibuat oleh peserta didik dengan memberikan sampel sebanyak 27 peserta didik. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis manual oleh dua orang analis dan analis Cohen Kappa sepakat bahwa kualitas soal yang dikembangkan masih berada pada level yang paling rendah. Selain itu, pengelompokan soal numerasi berdasarkan level kognitif, konteks, dan domain konten. Selanjutnya analisis Cohen Kappa menunjukkan nilai 1 yang berarti telah terjadi kesepakatan yang baik antara kedua analis tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Numerasi, Matematika, Kappa Cohen, Asesmen Kompetensi Minimal, Literasi Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jan 2025 06:05
Last Modified: 17 Sep 2025 05:20
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item