PELATIHAN METODE ORTON-GILLINGHAM UNTUK PEMBERDAYAAN ANGGOTA IPNU-IPPNU DI DESA KALIPECABEAN : RESPONS ANGGOTA IPNU-IPPNU

Mayasari, Faulina and Kusumawati, Intan Bigita and Dhewy, Risdiana Chandra (2024) PELATIHAN METODE ORTON-GILLINGHAM UNTUK PEMBERDAYAAN ANGGOTA IPNU-IPPNU DI DESA KALIPECABEAN : RESPONS ANGGOTA IPNU-IPPNU. Jurnal PADI – Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia, 8 (1). ISSN 2621– 3524

[img] Text
2084202021-Artikel.pdf

Download (473kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini difokuskan pada respons dari kegiatan pelatihan metode Orton Gillingham untuk pemberdayaan anggota IPNU-IPPNU Desa Kalipecabean. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengetahui respons anggota IPNU-IPPNU. Pemilihan anggota IPNU-IPPNU sebagai mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan kemampuan anggota IPNU-IPPNU dikarenakan ruang lingkup kegiatan anggota IPNU-IPPNU mayoritas pada bidang keagamaan saja. Metode Orton-Gillingham dikenal efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan pendekatan multisensoris. Adapun tahapan pada pengabdian kepada masyarakat yaitu tahap penyusunan dan persiapan, tahap pelatihan, tahap pelaksanaan kegiatan pendampingan belajar, tahap evaluasi serta pengisian angket respons. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah 10 anggota IPNU-IPPNU, sedangkan yang mengikuti pendampingan belajar adalah 6 siswa SDN Kalipecabean. Hasil angket menunjukkan 90% anggota IPNU-IPPNU memberikan respons positif. Dengan demikian, tingginya respons positif menunjukkan bahwa metode Orton-Gillingham ini tepat untuk digunakan kepada siswa yang tidak lancar membaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Respons, Anggota IPNU-IPPNU.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:51
Last Modified: 24 Sep 2025 06:51
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item