Hastuti, Umi Nur BAB 9 - Pemanfaatan Film, Video Edukasi, dan Animasi sebagai Media Pembelajaran Inovatif. In: Media Pembelajaran. CV. Lingkar Edukasi Indonesia. (In Press)
![]() |
Text
BAB 9_Pemanfaatan Film, Video Edukasi, dan Animasi sebagai Media Pembelajaran Inovatif.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
Turnitin Repor_BAB 9.pdf Download (951kB) |
Abstract
Bab ini membahas pemanfaatan film, video edukasi, dan animasi sebagai media pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan efektivitas dan daya tarik proses belajar mengajar. Media audiovisual ini berfungsi tidak hanya sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai sarana utama dalam menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dan abstrak secara konkret. Film dan video edukasi dapat menghadirkan pengalaman belajar yang imersif dan kontekstual melalui visualisasi, suara, dan narasi yang terstruktur. Sementara itu, animasi memungkinkan penyajian materi secara interaktif, kreatif, dan menyenangkan, terutama bagi siswa usia dini dan sekolah dasar. Bab ini juga mengulas kelebihan masing-masing jenis media, serta prinsip pemilihan dan penggunaannya agar sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik. Dalam konteks pembelajaran modern, integrasi ketiga media ini dinilai mampu merangsang minat belajar, memperkuat pemahaman, dan meningkatkan keterlibatan emosional siswa. Selain itu, kemajuan teknologi digital telah memungkinkan guru untuk mengakses, mengadaptasi, bahkan memproduksi media pembelajaran berbasis film, video, dan animasi secara mandiri. Bab ini menegaskan bahwa kreativitas guru dalam memanfaatkan media ini sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran inovatif.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Berkas Dosen > Penunjang |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 06:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 06:07 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |