PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Puspitasari, Yulia (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
2087201036-Artikel.pdf

Download (220kB)

Abstract

Pembelajaran sejarah mengkontekstualisasikan berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau dengan peristiwa yang dihadapi saat ini agar dapat mengevaluasi dan mengorientasi kehidupan di masa depan yang lebih baik. Minat belajar peserta didik adalah ketertarikan dan antusiasme yang tinggi terhadap suatu subjek. Solusi untuk memudahkan peserta didik dalam belajar adalah dengan media. Quizwhizzer merupakan media pembelajaran digital berupa game interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar mengajar di dalam kelas. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain pra-ekperimental dengan jenis penelitian One-Short Case Study. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis statistik menunjukkan variabel media pembelajaran Quizwhizzer berpengaruh negatif dan tidak signifikan secara statistik terhadap minat belajar peserta didik. Kesimpulan ini diperoleh dari perbandingan nilai thitung (-1.133) < ttabel (2,039). Penggunaan Quizwhizzer sebagai media pembelajaran digital yang tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik, khususnya dalam mata pelajaran sejarah, dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang saling terkait. Faktor-faktor ini mencakup karakteristik dan gaya belajar siswa, jangka waktu pembelajaran, kecakapan dalam penggunaan teknologi, serta kondisi lingkungan belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Minat Belajar, Media Quizwhizzer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:38
Last Modified: 19 Sep 2025 06:38
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item