PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JABON

Amalia, Zuhrotul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 JABON. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)

[img] Text
2087201037-Artikel.pdf

Download (788kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang menjadi salah satu bentuk usaha manusia yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas. keaktifan sikap siswa terhadap pembelajaran sejarah mampu membuat peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi peningkatan kualitas pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keaktifan dan hasil belajar sejarah siswa. Desain penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan bentuk one grup pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo tepatnya pada kelas XI TEI 2. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah berhasil dilaksanakan dengan hasil dari pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keaktifan sebesar 45,1 % dan pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar mendapat rata-rata nilai posttest 77,78 dan posttest 56,11.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Jigsaw, Keaktifan Belajar sejarah, Hasil belajar sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Sejarah
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:58
Last Modified: 19 Sep 2025 06:58
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item