Maria, Vanya Indrinesia Saraswati PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMKN 1 BUDURAN TAHUN AJARAN 2023/2024. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
2087201038-Artikel.pdf Download (514kB) |
Abstract
Pemilihan metode dalam proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. TPS (Think Pair Share) memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMKN 1 Buduran tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana kelas eksperimen mendapatkan perlakuan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: Lembar observasi yang diterapkan sesuai aktivitas pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) menunjukkan adanya peningkatan aktivitas (berpikir, berpasangan, berbagi) dalam proses belajar pada kelas eksperimen. Hasil
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran tipe TPS, hasil belajar, mata pelajaran sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:21 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |