Yanti, Isnia Dwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DIGITAL STORYTELLING MATERI TRIGONOMETRI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
2084202029 - Artikel.pdf Download (585kB) |
Abstract
Era yang semakin modern menuntut generasi muda untuk membuka mata terhadap teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan media video digital storytelling pada materi trigonometri untuk peserta didik kelas X SMK, dan (2) Mengetahui hasil pengembangan berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media dikembangkan pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan diujicobakan di kelas X SMK Sunan Ampel Porong. Dari hasil penelitian diketahui bahwa media yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata rata 4,6, sangat efektif dengan ketuntasan belajar 93,75%, skor rata-rata 88,4, dan respons peserta didik sebesar 85,4%. Media juga dinilai sangat praktis dengan persentase kepraktisan 88,5%. Dengan demikian, media video digital storytelling layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika di SMK.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | digital storytelling, media pembelajaran video, trigonometri, SMK, ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |