ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN TEORI KASTOLAN

Saputro, Agung Dwi (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI STATISTIKA BERDASARKAN TEORI KASTOLAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.

[img] Text
1984202003 - Abstrak.pdf

Download (155kB)
[img] Text
1984202003 - BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
1984202003 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
1984202003 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
1984202003 - BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
1984202003 - BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
1984202003 - Daftar Pustaka.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi statistika. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kesalahan menurut teori Kastolan yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi statistika berdasarkan teori Kastolan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 siswa kelas XI-MP2 tahun ajaran 2024/2025 yang melakukan kesalahan terbanyak dari hasil tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konsep, dimana siswa salah daalam menerapkan rumus dengan benar, kesalahan prosedural, dimana siswa salah dalam menuliskan langkah-langkah yang sesuai, dan kesalahan teknik, dimana siswa salah dalam menghitung hasil akhir atau menuliskan jawaban pada soal. Faktor penyebab kesalahan konseptual yaitu siswa kurang memahami materi yang diajarkan, tidak menerapkan rumus dengan benar, dan tidak mengingat rumusnya. Kesalahan prosedural yaitu siswa tidak menuliskan langkah-langkah dengan benar, kurang latihan mengerjakan soal, dan kurang memahami permasalahan dalam soal. Kesalahan teknik yaitu siswa salah menuliskan jawaban, siswa kurang teliti, dan tidak mengecek kembali jawabannya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan proses pembelajaran matematika, khususnya dalam materi statistika dan dapat membantu guru matematika dalam mengidentifikasi kesalahan siswa serta memberikan bantuan yang tepat untuk mengatasi kesalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, Statistika, Teori Kastolan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:49
Last Modified: 01 Oct 2025 07:49
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item View Item