Salam, Moch. Robbis (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE PADA MATERI STATISTIKA. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
1884202018 - Artikel.pdf Download (645kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman materi matematika dan kurangnya fokus siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa serta respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Sunan Ampel Porong kelas VIII A. Jumlah siswa dalam satu kelas 30 siswa. Hasil analisis data yang dilakukan adalah Cara guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write pada materi statistika diperoleh nilai 3,57 yang termasuk kriteria sangat baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dapat dikatakan aktif, karena dari 30 siswa 14 kriteria aktif, 13 kriteria sangat aktif dan tiga kurang aktif karena skor aktivitas siswa menurun pada pertemuan kedua. Hasil belajar siswa kelas VIII A setelah mengikuti tes soal statistika dikatakan tuntas karena persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 76%. Respons siswa dikatakan sangat positif karena semua indikatornya menunjukkan sangat positif. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat dijadikan rujukan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 04:28 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 04:28 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2347 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |