Agustin, Eka Listianah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI DELTA.
![]() |
Text
2184202009 - Abstrak.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
2184202009 - BAB I.pdf Download (705kB) |
![]() |
Text
2184202009 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
2184202009 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
2184202009 - BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2184202009 - BAB V.pdf Download (681kB) |
![]() |
Text
2184202009 - Daftar Pustaka.pdf Download (577kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama penerapan model pembelajaran Quantum Teaching, (2) mendeskripsikan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi setelah penerapan model tersebut, dan (3) menganalisis pengaruh Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep fungsi kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study. Sampel penelitian terdiri atas 25 peserta didik kelas VIII-A SMP PGRI 16 Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar dan tes pemahaman konsep berbentuk uraian, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik selama pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata keterlibatan 84,95%, (2) pemahaman konsep peserta didik tergolong sangat baik dengan rata-rata skor posttest 30,16 dari skor maksimal 35, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan Quantum Teaching terhadap pemahaman konsep, dengan koefisien determinasi 88,1% serta nilai thitung 13,061 > ttabel 2,069 dan p-value 0,000 < 0,05. Simpulan penelitian menegaskan bahwa Quantum Teaching efektif menciptakan pembelajaran interaktif dan berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, khususnya materi fungsi. Keterbatasan penelitian ini terletak pada instrumen observasi yang belum dilengkapi pedoman penilaian terperinci, sehingga hasil observasi berpotensi dipengaruhi subjektivitas pengamat. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan menyusun pedoman observasi yang lebih sistematis agar data lebih objektif dan reliabel.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Teaching, Pemahaman Konsep, Fungsi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:22 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 06:22 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |