Agustin, Eka Listianah (2025) AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI FUNGSI KELAS VIII SMP. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
![]() |
Text
2184202009 - Artikel.pdf Download (827kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi fungsi kelas VIII SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Shot Case Study dan melibatkan 25 peserta didik kelas VIII-A SMP PGRI 16 Sidoarjo. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan peserta didik yang divalidasi oleh ahli, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru berada pada kategori sangat baik dengan persentase 95%, sedangkan aktivitas peserta didik juga tergolong sangat baik dengan rata-rata keterlibatan 84,95%. Setiap tahapan TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan) terlaksana dengan baik, ditandai dengan partisipasi aktif, diskusi kelompok yang produktif, serta keterlibatan peserta didik dalam presentasi dan refleksi. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik, kondusif, dan berkesan bagi peserta didik pada materi fungsi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Peserta Didik, Quantum Teaching, Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 06:27 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 06:27 |
URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |