PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Istichomah, Utari Dwi and Wibowo, Satrio and Dewi, Galuh Kartika (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (1). ISSN 2548-6950

[img] Text
1786206080 - Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan siswa pada pendidikan pancasila kelas 2 sekolah dasar. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design). Untuk mengukur keaktifan siswa dapat dilakukan melalui tes kemampuan siswa dalam pendidikan pancasila dan penyebaran angket keaktifan siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa rata-rata nilai pretest dan posttest di kelas kontrol 61,08 dan 67,65. Untuk di kelas eksperimen 72,5 dan 82,9. Pada angket siswa memberikan nilai rata-rata 77,65% yang menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran make a match, Keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 10 Oct 2025 07:00
Last Modified: 10 Oct 2025 07:00
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item View Item