Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Quizizz Paper Mode Pada IPAS Kelas Iv Sekolah Dasar

Fatmala, Choir Putri and Dewi, Galuh Kartika and Mubarok, M. Khusni (2025) Pengembangan E-Lkpd Interaktif Berbasis Quizizz Paper Mode Pada IPAS Kelas Iv Sekolah Dasar. JPPSD : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 5 (1). ISSN 2807-7016

[img] Text
2186206072 - Artikel.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan beberapa siswa belum mencapai standar penguasaan minimal (KKM) sekolah, kemudian terdapat kekurangan alat bantu ajar yang menarik, kegiatan kelas yang monoton, serta pendekatan pembelajaran yang kurang inovatif. Berdasarkan Paper Mode dari Quizizz, proyek ini bertujuan mengembangkan E-LKPD, lembar kerja siswa digital interaktif, khusus untuk siswa IPAS kelas 4. Sebanyak tiga belas siswa kelas empat SDN Wonoplintahan I terlibat dalam riset ini, yang mengikuti kerangka ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Fokus utama analisis adalah validitas data dari lembar tes. Validasi media mencapai 84%, tergolong "Sangat Valid", sedangkan validasi konten mencapai 98%, menunjukkan materi sangat sesuai untuk digunakan di kelas, membuktikan ketangguhan E-LKPD yang dikembangkan. Peningkatan skor rata-rata dari 56 (pra-tes) menjadi 90 (pasca-tes) menandakan efektivitasnya. Hasil n-gain sebesar 0,77, dikategorikan "Tinggi", diperoleh melalui analisis SPSS. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan E-LKPD interaktif berbasis Quizizz Paper Mode merupakan perangkat pembelajaran yang sangat efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media interaktif E-LKPD, Quizizz Paper Mode, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 14 Oct 2025 07:14
Last Modified: 14 Oct 2025 07:14
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item View Item