Sa’adah, Nihayatus and Nurhayati, Eni and Maqfiro, Mochammad Ludfy Hadis (2025) PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13 (2). ISSN 2685-5461
|
Text
2186206025 - Artikel.pdf Download (955kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model take and give berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar IPAS di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini didasari oleh perlunya motode pengajaran interaktif dan berdaya guna memperbaiki hasil belajar siswa, khususnya dalam lingkungan pengajaran IPAS di fase fundamental pendidikan. Penelitian ini mengaplikasikan metode kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu, dengan mengikutsertakan siswa kelas III SDN Bluru Kidul 2. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan angket respon siswa. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji regresi sederhana, uji n-gain, dan analisis respon siswa. Hasil penelitian menujukkan adanya dampak yang signifikan dan positif dari model Take and Give dengan bantuan media flashcard terhadap hasil belajar IPAS, terlihat ada peningkatan yang di kelompok eksperimen dengan rata-rata 86,57% di mana lebih tinggi dan efektif dibanding kelompok kontrol dengan rata-rata sebesar 70,11%. Selain itu, siswa menunjukkan respon yang baik terhadap model pengajaran ini, terbukti dari rata-rata jawaban siswa sebesar 80,4%. Ini berarti model Take and Give yang didukung flashcard bisa menjadi opsi efektif guna mendongkrak prestasi belajar sekaligus memotivasi keikutsertaan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Take and Give, Flashcard, Hasil belajar IPAS |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 08:31 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:31 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

