Kurniawati, Nova Elisabeth Hendi (2025) DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UDENG PACUL GOWANG KHAS SIDOARJO MATERI BANGUN DATAR. REPOSITORY UNIVERSITAS PGRI DELTA. ISSN - (Unpublished)
|
Text
2184202055 - Artikel.pdf Download (762kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dengan memanfaatkan Udeng Pacul Gowang khas Sidoarjo pada materi bangun datar, khususnya kekongruenan dan kesebangunan segitiga dan segiempat. Pendekatan ini dipilih untuk menghubungkan matematika dengan budaya lokal, membuat pembelajaran lebih kontekstual. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Plomp dengan lima tahap: investigasi awal, desain, realisasi, evaluasi, dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP PGRI 16 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen pembelajaran dan bahan ajar sangat valid (skor 3,53), desain pembelajaran yg diterapakan sangat praktis (95,75%), dan efektif (93% ketuntasan klasikal). Respon siswa juga positif, dengan 80% menyatakan pembelajaran menarik. Kesimpulannya, desain ini valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran matematika inovatif.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Bangun Datar, Desain Pembelajaran, Etnomatematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Umi Nur Hastuti |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:19 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:19 |
| URI: | https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

