PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Maharani, Siska and Erdiana, Lita and Wulan, Budhi Rahayu Sri (2025) PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. JPPSD : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 5 (2). ISSN 2807-7016

[img] Text
2186206066 - Artikel.pdf

Download (831kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pemanfaatan dukungan media guna mendidik agar dapat membangun motivasi belajar siswa. penelitian ini bermaksud untuk melihat dampak penggunaan media scrapbook atas hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang kemudian dibagi menjadi dua kelas dengan setiap kelas berisikan 30 siswa. Pengumpulan data yang manfaatkan yaitu teknik tes dan angket. Nilai hasil belajar IPAS pre-test kelas eksperimen yaitu 68,7 dan nilai post-test yaitu 86,7 meningkat sebanyak 18%. pada kelas kontrol nilai hasil pre-test siswa yaitu 68,5 dan nilai post-test 83,5. Hasil belajar IPAS diukur mengenakan uji t membuktikan nilai t hitung 2,132 dan t-tabel 1,701 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan penggunaan media scrapbook terhadap hasil angket respon siswa menunjukkan hasil yang positif dengan presentase keseluruhan mencapai 93% yang ada pada taraf “sangat baik”. Sehingga menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol dan media scrapbook memberikan dampak atas meningkatnya hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar, serta mendapatkan respon siswa yang sangat baik dengan nilai sekor mencapai 93%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook, Hasil Belajar, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:31
Last Modified: 11 Nov 2025 07:31
URI: https://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/2439

Actions (login required)

View Item View Item