Maulidah, Nita Safitri (2020) PROFIL LITERASI KUANTITATIF SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.
|
Text
1684202022 - Abstrak.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
1684202022 - BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
1684202022 - BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1684202022 - BAB V.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
1684202022 - Daftar Pustaka.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
1684202022 - BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
||
Text
1684202022 - BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
Abstract
Literasi kuantitatif merupakan kebiasaan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah dalam situasi kuantitatif yang timbul dalam kehidupan. Adversity quotient merupakan konsep kerangka kerja baru, tolak ukur, dan alat praktis untuk memahami dan memperbaiki kemampuan seseorang dalam menghadapi kesulitan. Jika dikaitkan dengan literasi kuantitatif, maka Adversity Quotient dibutuhkan siswa untuk menghadapi kesulitan dalam memecahkan persoalan yang berkaitan dengan literasi kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi kuantitatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal tipe PISA ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan pada kelas X MIPA 2. Penelitian ini diawali dengan pemberian angket Adversity Respon Profile untuk mengetahui kategori Adversity Quotient. Kemudian setiap kategori Adversity Quotient dipilih dua siswa untuk diberi tes soal tipe PISA dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek climber mempunyai aspek literasi kuantitatif yang meliputi interpretasi, representasi, kalkulasi, analisis, asumsi, dan komunikasi, subjek camper mempunyai aspek literasi kuantitatif meliputi interpretasi, representasi, analisis, asumsi, dan komunikasi, dan subjek quitter mempunyai literasi kuantitatif hanya dalam aspek interpretasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Kuantitatif, Soal Tipe PISA, PISA, Adversity Quotient |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Guntur Aprilaksono |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 08:23 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 08:23 |
URI: | http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
View Item |