PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATERI KUBUS DAN LIMAS SEGIEMPAT

Sholihah, Mar'atus (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA MATERI KUBUS DAN LIMAS SEGIEMPAT. Other thesis, STKIP PGRI Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
1684202049 - Abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202049 - BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
1684202049 - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
1684202049 - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img]
Preview
Text
1684202049 - BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202049 - BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1684202049 - Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan lembar kerja siswa SMP berbasis etnomatematika permainan tradisional engklek pada materi kubus dan limas segiempat (2) mendeskripsikan kualitas lembar kerja siswa SMP berbasis etnomatematika permainan tradisional engklek pada materi kubus dan limas segiempat ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengembangan Plomp dengan empat tahap, yaitu: Investigasi awal, Desain, Realisasi, dan Tes, evaluasi, dan revisi. Hasil penelitian: (1) berdasarkan penilaian kualitas lembar kerja siswa oleh para validator, lembar kerja siswa yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,27 (sangat valid), (2) lembar kerja siswa memenuhi kriteria praktis secara teori dengan rata-rata penilaian dari validator menyatakan lembar kerja siswa dapat digunakan dengan sedikit revisi. Secara praktik, diperoleh presentase keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran 88,9% (pertemuan ke-1) dan 83% (pertemuan ke-2) dengan skor rata-rata akhir 3,44 (baik), selain itu berdasarkan aktivitas siswa diperoleh aktivitas aktif lebih besar dari aktivitas pasif (92,7% >8,2%), sehingga dapat disimpulkan lembar kerja siswa sangat praktis digunakan, (3) berdasarkan tes hasil belajar diperoleh ketuntasan klasikal 80% (baik) dengan rata-rata kelas diperoleh 88, sedangkan hasil angket respon siswa diperoleh skor 98% (sangat positif), sehingga disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan efektif digunakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Umi Nur Hastuti
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:18
Last Modified: 15 Jun 2021 07:18
URI: http://repository.universitaspgridelta.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item View Item